Di Sentra persiapan kali ini saya mengajak anak untuk bermain kartu- kartu bergambar. Dimana setiap kartu-kartu bergambar juga ada kartu dengan kata-kata yang sama seperti gambar, sehingga anak-anak bisa melihat gambar sekaligus kata atau tulisan yang sama. Dengan bermain kartu ini tujuan saya adalah agar anak- anak dapat aktif melihat gambar sekaligus tulisan yang sama.
Metode bermain kartu kata ini gunakan sebagai penguatan penguasaan siswa atas keterampilan membaca yang dimiliki. jadi siswa memiliki dasar pengenalan huruf dan kata, siswa sudah bisa membaca sedikit demi sedikit namun belum lancar. Penggunaan kartu-kartu huruf ini sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif anak dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya. Perlu diketahui bahwa dunia pendidikan pada usia dini memiliki prinsip belajar sambil bermain sehingga dapat menimbulkan kreativitas pada anak. Prinsip inilah yang perlu ditanamkan pada anak usia dini. Atas dasar itu materi atau kegiatan bermain sambil belajar di TK harus disusun dengan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Materi atau kegiatan ini harus dipersiapan secara matang, terperinci dan jelas. Bermain sambil belajar pada anak sangat cocok untuk dilaksanakan oleh semua guru, sebab pendidikan di TK baru bersifat pengenalan, antara lain pengenalan angka dan huruf di taman pendidikan anak usia dini adalah permainan kartu huruf. Kartu gambar tersebut disimpan dalam kotak yang menunjukkan jumlah kartu dari sebuah kelompok gambar. Kelompok gambar menunjukkan tema gambar (binatang, sayuran, buah-buahan, bagian-bagian tubuh, nama bilangan, nama kendaraan )
Kartu huruf bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Bagi guru, media ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengkondisikan situasi belajar. Keterlibatan anak secara aplikatif dengan bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Media kartu huruf mempunyai kegunaan sebagai berikut :
a. Untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. Menimbulkan kegairahan belajar
d. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara nak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
e. Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya
Kartu huruf memiliki peran dalam membantu memudahkan anak dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia dan kemampuan membaca. Pemilihan gambar-gambar pada kartu huruf dalam pembelajaran pun harus memperlihatkan sasaran yang harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Kartu huruf yang diperlihatkan kepada anak diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, menimbulkan sikap aktif dan dapat berkomunikasi di lingkungannya. Media kartu huruf tergolong dalam media berbasis visual yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar.
Metode bermain kartu kata ini gunakan sebagai penguatan penguasaan siswa atas keterampilan membaca yang dimiliki. jadi siswa memiliki dasar pengenalan huruf dan kata, siswa sudah bisa membaca sedikit demi sedikit namun belum lancar. Penggunaan kartu-kartu huruf ini sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif anak dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya. Perlu diketahui bahwa dunia pendidikan pada usia dini memiliki prinsip belajar sambil bermain sehingga dapat menimbulkan kreativitas pada anak. Prinsip inilah yang perlu ditanamkan pada anak usia dini. Atas dasar itu materi atau kegiatan bermain sambil belajar di TK harus disusun dengan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Materi atau kegiatan ini harus dipersiapan secara matang, terperinci dan jelas. Bermain sambil belajar pada anak sangat cocok untuk dilaksanakan oleh semua guru, sebab pendidikan di TK baru bersifat pengenalan, antara lain pengenalan angka dan huruf di taman pendidikan anak usia dini adalah permainan kartu huruf. Kartu gambar tersebut disimpan dalam kotak yang menunjukkan jumlah kartu dari sebuah kelompok gambar. Kelompok gambar menunjukkan tema gambar (binatang, sayuran, buah-buahan, bagian-bagian tubuh, nama bilangan, nama kendaraan )
Kartu huruf bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Bagi guru, media ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengkondisikan situasi belajar. Keterlibatan anak secara aplikatif dengan bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Media kartu huruf mempunyai kegunaan sebagai berikut :
a. Untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. Menimbulkan kegairahan belajar
d. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara nak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
e. Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya
Kartu huruf memiliki peran dalam membantu memudahkan anak dalam pembelajaran kosa kata bahasa Indonesia dan kemampuan membaca. Pemilihan gambar-gambar pada kartu huruf dalam pembelajaran pun harus memperlihatkan sasaran yang harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Kartu huruf yang diperlihatkan kepada anak diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, menimbulkan sikap aktif dan dapat berkomunikasi di lingkungannya. Media kartu huruf tergolong dalam media berbasis visual yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar