Untuk menghilangkan kejenuhan anak-anak dalam belajar, kali ini kami mengajak anak-anak untuk Menonton Bersama-sama. Kali ini karena tema kita tentang Alam, maka akan kami sesuaikan dengan film Dokumenter yang akan kami tonton yaitu tentang "Ekspedisi Penelusuran Goa di Maluku " by Mapala UI
Selesai menonton kami mengadakan tanya jawab tentang film yang baru di tonton. ternyata anak-anak sangat antusias dalam menjawab dan juga bertanya. Film juga sangat membantu dalam proses pembelajaran, apa yang terpandang oleh mata dan terdengar oleh telinga, lebih cepat dan lebih mudah diingat daripada apa yang hanya dapat dibaca saja atau didengar saja.
Film merupakan salah satu alat yang ampuh ditangan orang yang mempergunakannya secara effektif untuk sesuatu maksud terutama terhadap masyarakat kebanyakkan dan juga anak-anak yang memang lebih banyak menggunakan aspek emosinya dibandingkan aspek-aspek rasionalnya, dan langsung berbicara ke dalam hati sanubari penontonnya secara meyakinkan.
Dalam hubungannya dengan tujuan KOGNITIF, film dapat digunakan untuk :
Film merupakan salah satu alat yang ampuh ditangan orang yang mempergunakannya secara effektif untuk sesuatu maksud terutama terhadap masyarakat kebanyakkan dan juga anak-anak yang memang lebih banyak menggunakan aspek emosinya dibandingkan aspek-aspek rasionalnya, dan langsung berbicara ke dalam hati sanubari penontonnya secara meyakinkan.
Dalam hubungannya dengan tujuan KOGNITIF, film dapat digunakan untuk :
1. Mengajarkan pengenalan kembali atau pembedaan stimulasi gerak yang relevan, seperti kecepatan obyek yang bergerak dan sebagainya.
2. Mengajarkan aturan dan prinsip. Film dapat juga menunjukkan deretan ungkapan verbal,seperti pada gambar diam dan media cetak. misalnya untuk mengajarkan arti ikhlas, ketabahan, dan sebagainya.
3. Memperlihatkan contoh model penampilan, terutama pada situasi yang menunjukan interaksi manusia.
Dalam hubungannya dengan tujuan PSIKOMOTOR adalah:
Film digunakan untuk memperlihatkan contoh keterampilan gerak, media ini juga dapat memperlambat atau mempercepat gerak, mengajarkan cara menggunakan suatu alat, cara, mengerjakan suatu perbuatan, dan sebagainya. selain itu film juga dapat memberikan umpan balik tertunda kepada siswa secara visual untuk menunjukkan tingkatbkemampuan mereka dalam mengerjakan keterampilan gerak, setelah beberapa waktu kemudian.
Dalam hubungannya dengan tujuan AFEKTIF adalah:
Film dapat mempengaruhi emosi dan sikap seseorang, yakni dengan menggunakan berbagai cara dan efek. ia merupakan alat yang cocok untuk memperagakan informasi afektif, baik melalui efek optis maupun melalui gambaran visual yang berkaitan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar